Polo Blogs – Informasi Seputar Olahraga Kuda Polo Di Dunia

Polo Blogs Situs yang memberikan Informasi Seputar Olahraga Kuda Polo Di Dunia

Polo Blogs – Informasi Seputar Olahraga Kuda Polo Di Dunia Informasi Manfaat Olahraga Kuda Polo untuk Kesehatan

Manfaat Olahraga Kuda Polo untuk Kesehatan



Manfaat Olahraga Kuda Polo untuk Kesehatan – Olahraga berkuda memang sedang menjadi trend belakangan ini, Umumnya di kalangan artis Indonesia seperti Nabila Syakieb, Nia Ramadhani dan Cathy Sharon. Bahkan beberapa seniman ini sudah memiliki kuda pribadi dengan harga yang luar biasa.

Manfaat Olahraga Kuda Polo untuk Kesehatan

poloblogs – Sayangnya, hobi menunggang kuda bergengsi ini sering dianggap remeh. Kebanyakan orang mengira bahwa menunggang kuda hanyalah kegiatan rekreasi, Anda bisa menunggang kuda dan kemudian mengontrol cara berkuda. Semudah itu!

Tetapi fakta membuktikan bahwa konsep ini selalu salah, dan menunggang kuda tidak sesederhana itu. Anda harus menguasai banyak teknik untuk mengendalikan kuda dan mengatur kecepatannya. Untuk memiliki kemampuan yang sama dengan seorang atlet berkuda membutuhkan keahlian khusus dan pelatihan yang teratur.

Bukan tanpa alasan, menunggang kuda belakangan ini menjadi salah satu olahraga yang digemari. Fakta membuktikan bahwa olahraga ini bisa mendatangkan banyak manfaat. Pakar menunggang kuda Katherine Blocksdorf (Katherine Blocksdorf) mengatakan bahwa olahraga ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan fisik, mental dan mental.

Baca juga : Sejarah Bermain Kuda Polo

1. Manfaat untuk Kesehatan Fisik

Melansir dari decathlon, Berkuda adalah olahraga. Latihan ini bisa melatih otot kaki, perut, bahu, dan otot punggung. Hal tersebut terjadi karena badan harus dalam posisi tegak saat berkendara. Selain itu, Anda harus menggerakkan tubuh Anda mengikuti ritme menunggang kuda.

Khusus bagi wanita, menunggang kuda bisa membantu membakar kalori. Menurut buku “Body Living for Women”, saat Anda berjalan santai dengan kuda selama lima menit, maka akan membakar hingga 5 kalori.

Hal ini terjadi karena menunggang kuda hampir sama dengan berjalan kaki. Perlu Anda ketahui bahwa jenis olahraga ini juga baik untuk meningkatkan fungsi hati.

Bukan hanya untuk membakar kalori dan membentuk otot, latihan ini juga dapat membantu Anda menjaga keseimbangan maupun koordinasi tubuh, baik dewasa, anak-anak maupun orang tua, siapa pun bisa mencobanya.

2. Kesehatan Mental

Saat ini, media sosial sedang melakukan publikasi mendalam tentang kesehatan mental. Selain kesehatan fisik, Anda juga perlu menjaga kesehatan mental agar tidak mudah tertekan atau stres dengan apa yang terjadi dalam hidup Anda.

Menunggang kuda bisa menjadi psikoterapi, Anda bisa mencobanya. Olahraga ini memungkinkan Anda menemukan hal-hal baru dan terus belajar memahami kuda yang Anda tunggangi.

Biasanya sebagai pemula hanya perlu memperhatikan bagaimana cara mengendalikan kuda, walaupun anda ingin menunggang kuda dengan baik, anda harus memahami emosi saat menunggang kuda.

Oleh karena itu, walaupun Anda adalah seorang ahli dalam olahraga ini, situasi ini tidak jarang terjadi, dan Anda biasanya akan menjumpai hal-hal yang tidak terduga.

Oleh karena itu, Anda perlu mengambil keputusan dengan cepat. Kebiasaan ini bisa menjadi kebiasaan yang bermanfaat bagi kondisi mental Anda dan melatih otak Anda untuk mengambil keputusan dengan cepat.

Selain itu, menunggang kuda juga dapat membantu Anda meningkatkan daya ingat otak. Mirip dengan bagian tubuh lainnya, otak harus selalu dilatih agar sehat dan berfungsi normal.

Saat menunggang kuda, otak Anda harus selalu berdiri dan memikirkan langkah selanjutnya, serta mengatasi perilaku tak terduga dalam waktu cepat. Nah, kebiasaan ini sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Itu bagus, bukan? Bagi yang bosan dengan berbagai olah raga yang ada, berkuda bisa dijadikan alternatif olah raga baru.

3. Melatih Keseimbangan

Manfaat berkuda yang pertama adalah melatih keseimbangan dan koordinasi fisik. Penunggangnya bisa tetap di punggung kudanya karena keseimbangan tubuhnya.

Setiap kali kuda mengambil langkah, penunggangnya perlu melakukan beberapa penyesuaian kecil untuk menjaga kuda dalam kondisi yang benar. Selain itu, ia harus mengoordinasikan penggunaan semua alat bantu pada waktu tertentu untuk mengirim sinyal yang benar ke kudanya.

4. Melatih Kekuatan Inti dan Kaki

Manfaat kedua berkuda ialah melatih kekuatan inti tubuh serta kaki. Mempertahankan keadaan kuda membutuhkan bantuan dan aktivasi seluruh otot. Bagi yang baru pertama kali menunggang kuda atau kembali ke pelana setelah istirahat lama, Anda akan merasakan nyeri di area tertentu.

Secara khusus, otot kaki dan tinggi inti terlibat, karena jok dan postur pengendara didukung kuat oleh otot inti, dan kaki tidak hanya digunakan untuk memegang sadel, tetapi juga berfungsi sebagai alat bantu yang sangat diperlukan untuk berkomunikasi dengan kuda.

5. Membentuk Postur yang Baik

Manfaat ketiga dari olahraga berkuda adalah membentuk postur tubuh yang baik. Postur tegak dan punggung netral sangat penting dalam olahraga berkuda, membantu memastikan bahwa pengendara berada di posisi yang benar di sadel.

Postur tubuh yang buruk dapat menekan leher dan punggung atas serta memengaruhi postur kuda Anda. Terkadang mengendarai dengan postur tubuh yang salah dapat menyebabkan sakit punggung dan cedera.

Please follow and like us:
TopBack to Top